Fiqih Hadits – Pelajaran 121

SELASA

•|  03 Sya‘ban 1445H
•|  13 Februari 2024M

Assalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh…

‎بسم الله الرحمن الرحيم ۞
‎الحمد لله رب العلمين ۞
‎والصلاة و السلام على رسول الله ﷺ
‎وبعد

KITAABUL ‘ILMI
?  FIQIH HADITS

? SYAIKH ABDULLAH bin SHALIH AL FAUZAN

? KITAB : MINHATUL ‘ALLAM SYARAH BULUGHUL MARAM

MATERI 120

?Kitab Shalat
BAB WAKTU-WAKTU SHALAT

1/151 ـ وعن عبد الله بن عمرو ا أن نبي الله ﷺ قال: «وقت الظهر إذا زالت الشمس، وكان ظل الرجل كطوله ما لم يحضر العصر، ووقت العصر ما لم تصفر الشمس، ووقت صلاة المغرب ما لم يغب الشفق، ووقت صلاة العشاء إلى نصف الليل الأوسط، ووقت صلاة الصبح من طلوع الفجر ما لم تطلع الشمس». رواه مسلم . ٢/١٥٢ ـ وله من حديث بريدة في العصر: «والشمس بيضاء نقية». 3/153 ـ ومن حديث أبي موسى: «والشمس مرتفعة» .

?  Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwasanya Nabi ﷺ bersabda : Waktu Dzuhur itu apabila matahari telah tergelincir dan sampai bayangan seseorang itu sama dengan panjang dirinya selama belum masuk waktu ‘Ashar dan waktu ‘Ashar itu selama belum matahari menguning dan waktu shalat Maghrib selama belum hilang waktu syafaq merah dan waktu shalat ‘Isya sampai pertengahan malam dan waktu shalat subuh semenjak terbitnya fajar selama belum terbit matahari. [HR. Imam Muslim].

Dan juga dari hadits Buraidah radhiallahu ‘anhu mengenai shalat Ashar dan matahari putih bersih. Dari hadits abu Musa radhiyallahu ‘anhu, dan matahari tinggi.

? Hadits ini Kita Ambil Faedah :

1️⃣ Hadits ini menunjukkan bahwa waktu dzuhur dimulai dari semenjak tergelincir matahari sampai bayangan seseorang itu sama dengan dirinya. Bisa dengan cara kita mendirikan tongkat maka kita lihat apabila panjangnya bayangan tongkat itu sama tongkatnya maka berarti telah selesai waktu dzuhur dan masuk waktu Ashar.

2️⃣ Faedah ke dua, waktu Ashar dimulai dari bayangan seseorang sama dengan dirinya sampai matahari menguning ini adalah waktu ikhtiyar.

Adapun dari semenjak matahari menguning sampai matahari tenggelam itu disebut dengan waktu idhtirar.
Apa waktu  idhtirar ?Waktu darurat seperti wanita yang baru selesai haidh atau orang kafir masuk Islam saat itu atau orang yang tidur baru bangun pada waktu itu.
Adapun waktu ikhtiyar adalah yang tidak punya uzur.

3️⃣ Kemudian faedah selanjutnya, hadits ini menunjukkan bahwa waktu Maghrib dimulai dari terbenamnya matahari sampai hilangnya syafaq merah.

4️⃣ Faedah selanjutnya, bahwa waktu Isya dimulai dari semenjak hilangnya syafaq merah sampai pertengahan malam dan inilah pendapat yang paling kuat. Karena Nabi tegas mengatakan disitu waktu Isya sampai pertengahan malam saja.

>> Adapun pendapat yang mengatakan bahwa waktu Isya sampai terbitnya fajar subuh ini pendapat yang lemah karena bertabrakan dengan dalil yang sharih ini.

5️⃣ Faedah selanjutnya, waktu shalat subuh dimulai dari semenjak terbit fajar shodiq sampai matahari terbit.

الله أعلم

?? ?????? ?? ???????? ?

https://fawaid.or.id


Soal Ujian: beberapa pilihan yang benar:

Pilihlah di bawah ini diantara waktu-waktu shalat yang benar sesuai dengan Materi 120 Kitab: Minhatul A‘llam Syarah Bulughul Marham

  1. Waktu Isya adalah dimulai semenjak hilangnya syafaq merah sampai dengan terbitnya fajar subuh (pendapat yang kuat).
  2. Waktu dzuhur dimulai dari semenjak tergelincirnya matahari sampai dengan bayangan seseorang itu sama dengan dirinya.
  3. Waktu ashar dimulai dari bayangan seseorang sama dengan dirinya sampai matahari menguning.
  4. Waktu Magrib dimulai dari terbenamnya matahari sampai hilangnya syafaq merah.